Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh

Gigi adalah bagian sangat penting dari tubuh kita yang fungsinya sangat banyak sekali seperti mengunyah makanan untuk pencernaan serta menjadi daya tarik penampilan seseorang, maka dari itu perlunya untuk menjaga kesehatan gigi setiap harinya. Namun bagaimana bila Sakit Gigi dengan rasa ngilu dan nyut-nyutan ? bagaimana cara mengatasi serta apa saja obat sakit gigi paling ampuh ?

Perlu diketahui bahwa sakit gigi yang dibiarkan sehingga membuat gigi keropos dan berlubang yang menyebar sehingga menginfeksi sampai ujung akar gigi yang menyebabkan rasa sakit nyut-nyutan dan bengkak dapat menyebar ke sakit mata dan sakit kepala serta bisa menyebabkan demam.

Banyak orang yang mengalami sakit gigi berlubang dan sebagian membiarkan saja tanpa ada penanganan yang lebih lanjut berharap nanti akan hilang dengan sendirinya, namun banyak juga yang ambil langkah baik dengan segera mencari ilmu hidup sehat untuk mengatasi sakit gigi baik secara alami maupun konsultasi ke dokter gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Gigi Mahkota Email Gusi Akar Gigi

Penyebab sakit pada gigi banyak berbagai faktor yang menyebabkannya, seperti kebiasaan buruk dan tidak sehat dalam konsumsi makanan dan minuman seperti konsumsi minuman dingin ke panas dan sebaliknya. Apalagi bila tersedia banyak beragama makanan dan minuman baik yang panas maupun dingin seperti pada saat Hari Raya pastinya berbagai makanan minuman serta kue kering lebaran beragam pilihan dengan rasa manis dapat memancing untuk memakan semuanya sehingga bisa mengganggu kesehatan gigi.

Lebih dari itu kondisi dari tubuh dan daya tahan tubuh juga dapat menjadi pemicu sakit tubuh bila tubuh kurang sehat dimana hal ini karena syaraf pada gigi semakin sensitif terutama bila Gigi sudah keropos dan berlubang.

Gigi keropos karena pengasaman dari rongga mulut dimana gigi yang mengandung kapur bila terjadi pengasaman maka zat kapur pada gigi akan keropos. Gigi akan terasa sakit nyut-nyutan kurang nyaman terutama untuk gigi berlubang disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya pada Gigi terdapat ruang pulpa yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah yang bila gigi berlubang sudah mencapai ruang pulpa maka akan menyentuh jaringan syaraf dan pembuluh darah yang membuat rasa sakit pada gigi.

Gigi sakit berlubang yang sudah mencapai ruang pulpa bila tidak dirawat dan diobati dengan baik akan dapat menyebar ke jaringan bawah gigi yang bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi bahkan bisa menimbulkan abses berisi nanah. Abses dapat menyebabkan pembekakan pada pipi dengan rasa sakit pada gigi, pada kasus sudah seperti ini gigi tidak boleh langsung dicabut namun diredakan terlebih dahulu sakitnya dengan minum obat antibiotik sesuai dengan resep dokter.

Penyebab sakit gigi yang lainnya yaitu penyakit gusi, akar gigi sensitif, sindrom gigi retak, Gangguan Temporomandibular Joint, erosi gigi dan bisa juga karena ketidakseimbangan hormon.

Sakit gigi berlubang yang dibiarkan dan lama-lama hilang rasa sakitnya, hal ini kemungkinan syaraf pada gigi sudah mati dan pada kasus seperti ini pencabutan pada gigi berlubang adalah jalan yang dapat ditempuh.


Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh Secara Alami

  • Menempelkan bawang putih pada gigi berlubang diamkan beberapa menit atau bisa dikunyah dapat menyembuhkan sakit gigi
  • Mengoleskan minyak cengkeh menggunakan kapas bersih dapat meredakan sakit gigi dan mengobati infeksi karena kandungan cengkeh memiliki sifat antiseptik
  • Menempelkan Irisan Lemon dapat mengobati sakit gigi dan rasa ngilu pada gigi
  • Teh hangat dapat meredakan sakit gigi bila tidak mengandung gula, bahkan tehnya bisa ditempelkan pada gigi yang sakit
  • Cabe rawit memiliki kandungan senyawa capcasain yang dapat meredakan rasa sakit pada gigi, cara menggunakannya larutkan cabe rawit dengan air panas lalau gunakan kapas dan letakkan pada gigi yang sakit
  • Berkumur dengan air garam untuk meredakan sakit gigi dan membersihkan infeksi pada gusi
  • Mengunyah Peppermint dapat meredakan sakit gigi serta memberikan kesegaran pada mulut
  • Menggunakan herbal kayu manis yang bisa untuk mengobati sakit gigi, bahkan berbagai pasta gigi yang beredar menggunakan campuran kayu manis.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Sesuai Dokter Kesehatan Gigi

  • Melakukan kontrol ke Dokter Gigi minimal 6 bulan sekali, biasanya saat kontrol akan dilakukan pembersihan gigi meliputi penyikatan gigi, pembersihan plak dan karang gigi, sikat lidah dan penggunaan obat kumur antibakteri.
  • Perawatan pada Gigi meliputi Penambalan Gigi yang berlubang
  • Pencabutan Gigi, untuk mencabut gigi harus dicek terlebih dahulu kondisi gigi dan gusi serta akar gigi dan berbagai faktor lainnya agar tidak mengganggu kesehatan pada bagian tubuh yang lain
  • Penggunaan Obat untuk mengobati sakit gigi
Ada 2 jenis obat yang biasanya diberikan oleh Dokter dengan resep pastinya, yaitu
  1. Analgesik indikasinya untuk meredakan rasa nyeri dan inflamasi peradangan pada gigi berlubang
  2. Antibiotik indikasinya untuk menghilangkan infeksi bakteri pada gigi berlubang

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mencegah Sakit Gigi

  1. Rajin gosok gigi pada saat bangun tidur, setelah makan dan saat ingin tidur
  2. Gunakan obat kumur yang aman membersihkan sela-sela gigi serta dapat membuat bau mulut harum
  3. Hindari konsumsi makanan panas dan dingin secara bersamaan sekaligus
  4. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum Alkohol yang bisa sangat cepat merusak gigi dan bagiannya
  5. Hindari minum minuman bersoda yang dapat mengikis Gigi
  6. Perbanyak minum air putih setiap hari yang sangat banyak fungsinya termasuk untuk kesehatan Gigi dan Tubuh
  7. Makan buah-buahan yang dapat menyehatkan gigi sekaligus bisa dijadikan cara memutihkan gigi seperti konsumsi buah apel, strawberry, jeruk dan Pir.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan namun bila sakit gigi yang berkepanjangan dan bertambah parah sebaiknya konsultasi ke Dokter Gigi untuk mendapatkan perawatan intensif yang terbaik serta mendapatkan langkah yang lebih tepat dalam menanganinya dalam menjaga kesehatan Gigi.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh"

Posting Komentar