Resep Menu Buka Puasa Sehat Praktis Murah

Menjalani ibadah Puasa di bulan Ramadhan pada hari-hari pertama tubuh terasa lemas dan ngantuk, hal ini karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan pola kebiasaan saat puasa. Namun perlu dipahami bahwa Puasa itu sehat dan salah satu yang mengatur pola makan sehat yang terbaik untuk tubuh, yang terpenting memperhatikan menu saat sahur serta menu buka puasa mengembalikan energi kinerja tubuh kembali fit dan segar.

Menu Buka Puasa Sehat

Menu Buka Puasa terbaik yang menyehatkan serta praktis utamakan makanan yang memiliki kandungan Glukosa seperti Kurma, kolak, manisan, teh manis atau air kelapa gula. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung glukosa dapat menyegarkan kembali tubuh.

Sayur dan Buah-buahan harus juga dikonsumsi pada saat berbuka puasa dan juga sebagai santapan menu sahur agar tubuh sehat dalam menjalani puasa, dimana selain kandungan Glukosa pada sayur dan buah-buahan juga kaya akan serat. Banyak manfaat makanan berserat selain untuk memperlancar sistem pencernaan juga baik untuk kesehatan tubuh, dan bila kekurangan serat bisa mengakibatkan berbagai penyakit seperti susah buang air besar dan beberapa metabolisme tubuh tidak lancar.

Puasa Ramadhan 2014 / 1435H berlangsung beberapa hari berdasarkan jadwal puasa 2014 masih akan menjalani perjalanan panjang, maka dari itu perlunya menjaga kesehatan tubuh dengan konsumsi yang sehat terutama yang diperlukan oleh tubuh. Namun perlu disadari niat puasa Ramadhan yang benar dapat menjadi kekuatan tersendiri dalam menjalankan ibadah Puasa.

Pada intinya konsumsi makanan sehat bergizi adalah pilihan terbaik untuk menjadi menu saat masuk jadwal buka puasa ditandai azan Magrib, usahakan juga konsumsi minuman yang sehat serta memiliki kandungan baik serat, karbohidrat dan protein serta kandungan lain yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Makanan Kaya Serat : Kurma, Jagung, Kacang hitam, Alpukat, Buah Pir, Brokoli, Apel, Kacang Almond.
  2. Makanan Berkabohidrat Sumber Energi Utama : Nasi merah, Roti gandum, Nasi putih, Kentang, Minuman Manis Gula Pasir, Buah manis ( semangka, melon, rambutan). Nasi merah, gandum, Singkong, Biji-bijian dan sayur-sayuran.
  3. Makanan Berprotein Tinggi : Ikan, Daging, telur, kacang-kacangan, Susu

Pada saat ini untuk menu buka puasa yang praktis ya sebenarnya dapat mudah didapatkan seperti Sop Buah yang berisi berbagai macam buah segar yang sehat bergizi dengan dilengkapi susu dan gula glukosa. Banyak sekali para penjual Sop Buah yang menjual diberbagai tempat tersebar terutama kota-kota besar, namun bila ingin membuat sendiri berikut ini resep sop buah sehat dan segar.

Resep Menu Buka Puasa Sop Buah Sehat dan Praktis

Resep Menu Buka Puasa Sop Buah Sehat dan Praktis

Bahan Utama Sop Buah
  • 1 buah apel segar
  • 5 butir buah anggur
  • 3 buah strawberry
  • 1 buah naga
  • 1/4 potong buah melon
  • 1/4 potong buah blewah
  • 1 butir kelapa muda
  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • Es batu secukupnya
  • Sirup secukupnya
Resep Cara Membuat Sop Buah :
  1. Kupas semua buah dan potong sesuai dengan selera ukuran
  2. Masukkan dalam wadah mangkuk yang sudah terisi air kelapa dan campurkan semua buah jadi satu.
  3. Tambahkan es batu secukupnya
  4. Tuangkan sirup secukupnya diatasnya dan susu sesuai dengan selera
  5. Sop Buah siap di hidangkan dan dinikmati.

Pada saat buka puasa usahakan untuk membatasi makan gorengan yang berminyak karena cukup berbahaya yang bisa menyebabkan sel-sel lemak dalam tubuh akan meningkat. Lalu hindari terlalu banyak minum es dimana bisa membuat perut cepat kenyang tetapi belum konsumsi yang memadai untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Jaga selalu kesehatan tubuh agar dapat hidup sehat selalu setiap hari selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, terapkan gaya dan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan makanan sehat bergizi serta istirahat yang cukup dan olah raga yang ringan tapi teratur.

0 Response to "Resep Menu Buka Puasa Sehat Praktis Murah"

Posting Komentar